The Goods Dept Makin Eksis sebagai Ritel Merek Lokal Kreatif

Bunda Kekinian - The Goods Dept terus berkembang dan semakin eksis menjadi tempat berbelanja produk lokal dan kreatif di usianya yang ke - 7 tahun.

Menurut Founder The Goods Dept, Anton Wirjono, setiap produk yang dijual di setiap toko ini telah dikurasi secara khusus untuk membentuk ciri khas tema tersendiri.

"Kami percaya kurasi itu penting karena kami ingin menghadirkan produk terpilih dengan nilai kreasi dan inovasi berbeda. Kami ingin menawarkan produk terbaik pada konsumen," kata Anton dalam acara jumpa pers di The Goods Dept mal Pacific Place Jakarta, Jumat (8/12).

The Goods Dept Makin Eksis sebagai Ritel Merek Lokal Kreatif (Sumber Gambar : KOMPAS)
The Goods Dept Makin Eksis sebagai Ritel Merek Lokal Kreatif (Sumber Gambar : KOMPAS)

The Goods Dept Makin Eksis sebagai Ritel Merek Lokal Kreatif

Ia menambahkan, peluang brand - brand lokal yang kreatif sebenarnya sangat besar, tetapi mereka kurang punya kesempatan untuk bisa masuk mal.

"Strategi kami langsung masuk ke mal kelas A dengan presentasi premium. Tujuannya untuk mengubah kesan barang lokal murahan. Strategi seperti ini cukup efektif," katanya.

The Goods Dept saat ini berada di tiga mal besar di Jakarta, yaitu Pacific Place, Pondok Indah Mal, dan Lotte Shopping Avenue.

Bunda Kekinian

Leonard Theosabrata yang juga salah satu founder, menjelaskan bahwa saat ini persaingan bisnis ritel semakin ketat dengan munculnya peritel raksasa asing dan perubahan perilaku konsumen.

"Dulu ketika kami membuat The Goods Dept belum ada H&M atau Uniqlo, brand lokal juga belum sebanyak sekarang. Leisure ekonomi sendiri ikut mengubah peta retail karena konsumen jadi semakin pintar," kata Leo.

Untuk itu, imbuh Leo, setiap brand yang dipilih bukan hanya kreatif, tetapi juga memiliki cerita di balik produknya karena itu yang dicari konsumen The Goods Dept yang kebanyakan adalah generasi milenial.

Bunda Kekinian

"Jadi bukan cuma menjual barang, tapi ada misi sosialnya. Misalnya seperti brand Sukha Citta yang memberdayakan 60 pengrajin batik dan tenun yang hasilnya akan meningkatkan penghasilan para pengrajin itu dua sampai tiga kali lipat," paparnya.

Dengan semua tantangan tersebut, menurut Anton, The Goods Dept terus mencari inovasi baru. "Selain menambah brand - brand kreatif, kami juga akan memperbanyak event di toko kami dan berintegrasi dengan The Goods Cafe. Kami ingin menarik konsumen untuk berbelanja lalu nongkrong sekaligus," katanya.

Cyntia Wirjono, Chief Creative Office The Goods Group, menambahkan, Goods juga telah meluncurkan produk kreasi in - house, yaitu lini pakaian pria Anders, dan Very Denim, lini pakaian wanita berbahan dasar utama denim.

Dari : Kompas

Bunda Kekinian Resep Bunda Kekinian

The Goods Dept Makin Eksis sebagai Ritel Merek Lokal Kreatif The Goods Dept Makin Eksis sebagai Ritel Merek Lokal Kreatif Reviewed by Unknown on Senin, Oktober 11, 2010 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.